Jumat, 18 Desember 2009

Proses recruitment TOTAL EP INDONESIE

Bagi temen2 yang ingin bekerja di Total EP Indonesie berikut gw tuliskan pengalaman gw selama mengikuti proses seleksi di perusahaan minyak dan gas milik Perancis ini.


pas gw ada perjalanan ke Batam, di hotel Harmoni gw dapet koran Kompas sekitar bulan Agustus 2009 dan disitu ada lowongan beberapa posisi di Total EP Indonesie. Lowongan itu gw foto pakai camera HP dan 2 minggu setelahnya begitu sampai di jakarta gw coba update CV dan gw kirim via email ke ep-id-drh.recruitment@total.com. 1-2 minggu berikutnya dari pihak Total Indonesie jakarta menelpon untuk undangan interview di Plaza Kuningan, Menara Utara, lantai 8.

Tahapan seleksi di Total EP yang saya lalui adalah sbb:
1. interview dengan staff HRD (jakarta)
2. interview dengan Head Services Recruitment (Jakarta)
3. Test Bahasa Inggris (in house, hasilnya hari itu juga langsung keluar)
4. Test kesehatan di Lakespra Saryanto (Jl. MT Haryono Jakarta)
5. Interview dengan user (terdiri dari Head Department, Head Services, dan 2 orang lagi lupa posisi nya apa dan yang satunya bule Perancis)
6. Interview dengan Head Divisi/Vice President
7. Interview dengan Head Department HRD
8. Interview dengan Executive VP (5-8 dilakukan di kantor Total EP Balikpapan)

Selama kita di Balikpapan, biaya pesawat Jakarta-Balikpapan pp, hotel, makan, laundry semua diprovide oleh TOTAL selama 3 hari 2 malam.

Setelah melalui proses yang cukup melelahkan dan kembali ke Jakarta, seminggu setelah itu dari pihak Head Services Recruitment mengirimkan email berupa offering letter dan draft contract untuk kita pelajari. Beberapa hari kemudian saya membuat appointment untuk bertemu dengan Head Services dan membahas beberapa item dalam dokumen kontrak maupun benefit yang ditawarkan TOTAL untuk dijelaskan lebih detil.

Akhirnya setelah semuanya jelas dan mendapat dukungan dari teman2 dari Transgasindo dan keluarga, maka gw putuskan untuk menerima offering Total EP Indonesie. Dan gw mulai join dengan TOTAL di balikpapan pada 16 Desember 2009...Dan selama 3 bulan ke depan selama proses probation dan seterusnya gw harus menunjukan performance yang baik dan di akhir bulan ketiga gw harus presentasi mengenai suatu project yang diberikan mentor selama proses probation di depan management TOTAL Indonesie. Insya Alloh jika memang perusahaan ini adalah tempat terbaik yang ditunjukan Alloh kepada gw, Insya Alloh gw diberikan kemudahan dan kelancaran...amiinnn...Mohon doanya dari Keluarga dan teman2 sekalian.

11 komentar:

benjovi mengatakan...

Meninggalkan jejak.... Semoga lancar semuanya, Don't.
andihawe

Dony Soelistiyono mengatakan...

Thanks Ndi...njaluk dongane wae..mugo2 lancar sak kabehe

Anonim mengatakan...

mantab don, kirain betah di TGI, ternyata masih ingin berkelana ke rimba kalimantan..(penggantimu di pnp)

Anonim mengatakan...

muantaab jg mas,, cmn mripat q koq koyo keculek ngono yo??? hahaha ngerti ngono aq tk exsyen tenanan..hehehe.. but it's okay mas. good luck n suckses.. xixixi jek ono sisa e bhs hutan hahaha salam buat mas ryan n mas putu,, kpn2 aq di jak maneh rek ojo lali hehehe

Anonim mengatakan...

mas doni...
wah pindah gaean to...mbok ndaftar dosen jtsl wae mas...
ngko ketemu aku neh...

Anonim mengatakan...

@Pengganti gw di PNP : ini Nandan apa Mbak Debby ya..karena kalian berdualah yang menjadi kandidat Pak Buyung untuk menggantikan posisiku di PNP

@Pak Sony : ok Pak salam akan disampaikan...iyo Pak lain kali kalo meh difoto action ne sik mantep ya..salam buat temen2 di Pangkalan AL Dabo Singkep..(btw aku wes tahu ditangkap patroli AL di daerah Tanjung Balai Karimun Pak gara2 kontraktorku geblek..durung duwe security clearance malah nekad sail out..)

@waduh iki sopo yo ...sebutin identitasnya dong

Anonim mengatakan...

Maaf mas kenalkan saya helmy masih mahasiswa hehe. Kalo untuk mengajukan internship itu kmn ya mas? Saya coba telfon kantor totat tidak diangkat :( terima kasih...

Dony Soelistiyono mengatakan...

mas Helmy, coba aja kirimkan email ke HRD.

salam

Nicholas mengatakan...

selamat malam mas dony sy nicholas mahasiswa dr bandung.
sy ingin Internship di total dan sudah mempersiapkan semua keperluan proposal. apa kira2 ada contact person untuk meng follow up proposal saya? untuk mempermudah proses rekrutment tsb. terimakasih

Ruben Su mengatakan...

thanks sharing info nya
https://www.nwdesign.us/2020/11/situs-pinjaman-online.html

Unknown mengatakan...

Bisa kah saya meminta nomor kantor peruhaan total yg f balok papan...?